Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 10 Juni 2013

lomba artikel kesehatan di RS Sari Asih Kota Tangerang Selatan


HINDARI NARKOBA ATAU NYAWA JADI JAMINANNYA?
Obat yang sudah marak terdengar dikalangan remaja zaman sekarang. Jawabannya adalah narkoba. Yaitu narkotika, prikotropika, dan zat adiktif lainnya. tentu semua orang sudah banyak mengetahui tentang bahaya narkoba. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh manusia, otak (susunan saraf) akan terjadi gangguan dan menimbulkan ketergantungan.


Penyalahgunaan Napza adalah penggunaan salah satu atau campuran beberapa jenis NARKOBA/NAPZA, baik kadang – kadang maupun teratur, sehingga menimbulkan gangguan pada kesehatan jasmani, kesehatan jiwa (mental-emosional), dan fungsi social. Seseorang yang telah mengkonsumsi napza akan menjadi ketergantunga. Ia pasti akan mengalami suatu keadaan dimana ia harus mmemenuhi keinginan untuk mengkonsumsi Napza denga takaran dosis yang makin lama semakin bertambah. Ini dikenal dengan istilah TOLERANSI. Jika dosis dikurangi atau pemakaina dihentikan, akan timbul gejala yang disebut putus zat (SAKAU= rasa sakit yang sangat karena ketagihan).

Dari sekian banyaknya narkoba, bisa kita lihat disekeliling kita yaitu alkohol. Penggunaan alkohol yang terlalu berlebihan ternyata bisa menyebabkan kita mabuk yang berlangsung beberapa jam. Bahaya dari penggunaan alkohol yang berlebihan juga dapat membuat pelajar sulit untuk berkonsentrasi dan memperlambat reaksi tubuh. Bahkan bukan hanya itu, ternyata alkohol juga dapat menimbulkan kematian. Ini semua karena kebanyakan orang yang menyalah gunakan alkohol yang seharusnya dipakai untuk obat medis.

Selain alkohol masih banyak lagi obat – obatan terlarang seperti Codein, Heroin/Putau. Cara pemakaiannya yaitu ditelan, dihisap dan disuntikan. Jika pengguna menggunakan dengan jumlah yang kecil maka ia akan menjadi rileks, untuk jumlah yang banyak akan membuat tidur. Akibat dari penggunaan Codein, Heroin/Putau yaitu dapat membuat konsentrasi dan reaksi tubuh sulit. Hal ini dapat mematikan terutama jika disuntikkan atau diminum bersama alkohol. Selain itu bahaya dari penggunaan obat tersebut akan merusak pembuluh darah balik dan kulit jika disuntikkan, mudah kecanduan dan suit melepaskannya. Biasanya Codein dan morfin digunakan secara legal untuk medis, sedangkan Heroin atau Putau tidak digunakan untuk tindakan medis secara legal.

Ganja juga merupakan obat terlarang yang sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup kita. Cara penggunaan pada ganja sendiri hampir sama dengan codein dan heroin yaitu dengan menghisap sendiri atau dibentuk seperti rokok. Sama seperti yang lainnya ganja juga dapat membuat konsentrasi dan reaksi tubuh terganggu bahkan akan memperlambat kerja otak.

Salah satu penyebab mereka yang menggunakan narkoba yaitu pertama – tama mereka mengenal apa itu rokok? Mulai dari rokok biasanya mereka mencoba – coba untuk narkoba. Rokok? Apasih yang dimaksud dengan rokok? Rokok adalah silinder dari kertas berukuran



Resnia Trya Muslima
SMAN 8 KOTA TANGERANG SELATAN

Tidak ada komentar:

 

Welcome to Indonesia Chapter

About

Blog ini adalah blog resmi dari Palang Merah Remaja Indonesia SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan.